Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI BRIMO DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)


Mobile banking sebagai inovasi baru perbankan bertujuan untuk dapat meningkatkan
kualitas layanan dan memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin bertransaksi
tanpa harus datang ke bank atau tanpa melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Di sisi
lain, penggunaan aplikasi oleh masyarakat perlu untuk selalu ditingkatkan kemudahan
dan kenyamanannya. Pengaruh kemudahan dan kenyamanan pengguna yang terhadap
sebuah aplikasi dapat dilihat pada tingkat Usability (kegunaan). Usability merupakan
aspek penting dalam aplikasi, secara umum usability sejauh mana tingkat kemudahan
antarmuka aplikasi ketika digunakan oleh pengguna
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis kualitas pengguna dalam menggunakan
aplikasi BRImo dengan menggunakan metode UEQ. User Experience Questionnaire
(UEQ) digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang kesan pengguna
mengenai kepuasan dalam mengunakan suatu produk atau aplikasi menggunakan
kuesioner. Metode parameter meliputi (1) Daya tarik (Attrativeness), (2) Kejelasan
(Perspiciuity), (3) Efesiensi (Effeciency), (4) Ketetapan (Dependability), (5) Stimulasi
(Stimulation), (6) Kebaruan (Novelty) menggunakan metode User Exprince
Questionnaire (UEQ), menggunakan Teknik sampling random dengan menargetkan
minimal 30 responden.
Berdasarkan hasil pengolahan data dari 35 responden aplikasi BRImo mendapatkan
hasil below average (di bawah rata-rata) pada aspek attractiveness, perspicuity,
efficiency, stimulation dan novelty. Sedangkan aspek dependability mendapatkan nilai
buruk (bad).
Kata kunci :Brimo, Mobile banking, User experience, User Experience Questionnaire
051 SAB A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...