Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERBANDINGAN RESPONSIVE WEB DESIGN TOOL ANTARA WEBFLOW DENGAN BOOTSTRAP STUDIO PADA APLIKASI BERBASIS WEB


Website adalah salah satu bentuk aplikasi yang banyak digunakan. Menurut data survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) bahwa rata-rata pengakses internet di indonesia menggunakan perangkat genggam. Berkembangnya teknologi alat komunikasi untuk mengakses website, memunculkan istilah Responsive Design Web. Responsive Design Web adalah konsep desain responsive yang mengacu pada kemampuan situs web untuk beradaptasi dengan resolusi dan perangkat yang berbeda di mana website tersebut ditampilkan (PC, laptop, tablet, smartphone) tanpa mengalami degradasi. Dengan menggunakan Responsive Design Web saat menggunakan kode dan URL yang sama, situs web yang responsive dapat memberikan tampilan yang optimal (Ethan Marcotte,2010).
Untuk mendapatkan hasil perbandingan antara Responsive Web Design Tool Bootstrap Studio dengan Responsive Web Design Tool Webflow mengenai implementasi Memory, performa aplikasi Responsive Web Design Tool, User Ability, dan Struktur code yaitu dengan membuat dua aplikasi pembelajaran materi UI/UX, analisis perbandingan peforma, fitur utama aplikasi menggunakan metode Runtime performance, pengisisan kuisioner kepada pengguna bootstrap studio dan webflow.
Hasil dari tes ini, adalah indikasi membantu kedua Responsive Web Design Tool bekerja dalam merancang halaman website, seberapa baik peforma antar kedua website tersebut. Bootstrap Studio secara keseluruhan memiliki nilai yang lebih baik pada pengujian usability testing, dikarenakan memiliki tampilan yang menarik, mudah dimengerti dan real. Sedangkan Webflow secara keseluruhan unggul dalam membangun website yang responsive, CMS yang lengkap, dan hosting yang mudah. Bootstrap Studio secara keseluruhan memiliki nilai yang lebih baik dalam kerapihan dan managemen stuktur kode dibandingkan dengan Webflow karena sintaks yang dihasilkan lebih mudah dipahami. Webflow secara keseluruhan memiliki nilai yang lebih baik dari kelengkapan fitur dibandingkan Bootstrap Studio. Yang mana Webflow dapat memberikan keluasaan bagi penggunanya untuk membuat website.
108 Ash A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...