Detail Cantuman Kembali
ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACErnDENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSISrnSTUDI KASUS: TOKOPEDIA.COM
Kemudahan akses internet membuat kebiasaan berbelanja sebagian masyarakat berubah dari berbelanja langsung menjadi berbelanja online. Banyak website yang menawarkan layanan jual beli online, salah satunya adalah Tokopedia. User interface dari Tokopedia sendiri cukup menarik, tetapi pada proses pembelian dirasa berbelit. Proses tersebut bisa mempengaruhi user experience dari Tokopedia. Untuk itu dibuat sebuah saran rancangan antarmuka yang menyederhanakan bagian tersebut.rnUntuk mengetahui pengalaman pengguna terhadap website digunakan kuesioner. Responden terdiri masyarakat umum yang familiar dengan website jual beli. Hasil kuesioner diolah untuk mengetahui karakteristik dan keinginan pengguna terhadap website jual beli. Untuk memprediksi waktu yang digunakan pemakai aplikasi dalam mencapai tujuan pada aplikasi dengan urutan langkah tertentu digunakan GOMS Analysis. Untuk membantu perancangan navigasi saran antarmuka digunakan metode Card Sorting. Hasil kuesioner, GOMS Analysis dan Card Sorting akan digunakan sebagai acuan dari pembuatan saran antarmuka Tokopedia.rnHasil dari penelitian adalah saran antarmuka Tokopedia yang sesuai dengan keinginan pengguna dan metode yang digunakan. Analisis GOMS untuk proses pembelian pada website Tokopedia adalah 52,6 detik. Dilakukan optimasi pada beberapa bagian proses pembelian yaitu pada pencarian barang.rnKata kunci: user interface, user experience, GOMS, web jual beli
014 Wib a
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM Yogyakarta
2017
Yogyakarta
xiii, 59 hlm.; ilus.; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...