Detail Cantuman Kembali

XML

TEGNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA


INTISARIrnGembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyakrndikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa danrnbeberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkanrnpeta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan masihrndalam bentuk kertas dan papan , tentunya dengan peta kertas dan papan tidak dapatrnmenunjukan posisi pengunjung. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapatrnmemberikan informasi lokasi binatang dan juga lokasi pengguna. Denganrnmemanfaatkan dukungan perangkat keras pada smartphone seperti adanya kamera,rnGPS, sensor akselerometer, dan kompas.rnDalam proses pembangunan aplikasi ada dua tahapan yang dilakukan, yaiturnpengambilan lokasi latitude dan longitude dari setiap binatang denganrnmemanfaatkan GPS, kemudian pembangunan aplikasi dengan menggunakanrnteknologi Augmented Reality, dimana metode yang digunakan adalah metodernmarkerles. Dengan menggunkan lokasi yang didapatkan dan penggunaan teknologirnAugmented Reality serta fitur kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompasrnmaka lokasi dari setiap binatang dapat ditampikan dengan munggunakan kamera.rnAplikasi ini dapat manampilkan lokasi pengguna dan lokasi binatang yangrndicari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Selain itu aplikasi jugarndapat menampilkan jarak pengguna dan lokasi berdasarkan garis lurus. ObjekrnAugmented Reality terlihat kecil saat jaraknya jauh dari lokasi pengguna dan akanrnmembesar saat berada dekat dengan lokasi pengguna.rnKata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphonern
M. Guntara - Personal Name
Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 - Personal Name
124 Hid t r.
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2016
Yogyakarta
xiv, 37 hlm.; ilus.
LOADING LIST...
LOADING LIST...