Detail Cantuman Kembali
KLASIFIKASI SENTIMEN TEMPAT MAKANrnMENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES
Penelitian ini membangun sistem klasifikasi sentimen tempat makan menggunakanrnmetode Naïve Bayes. Tujuan dilakukan penelitian ini membantu untuk menentukanrnrecommended atau tidaknya suatu tempat makan.rnDalam membangun sistem ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHPrndan MySQL sebagai basis datanya. Komentar tempat makan pada sosial media Foursquarerndiambil melalui Application Programming Interface (API). Selanjutnya komentar akanrndihitung probabilitasnya untuk masing-masing kelas positif, negatif, dan netral. Dari hasilrnperhitungan masing-masing kelas tersebut diambil nilai tertinggi untuk menentukanrnkomentar tersebut bersifat positif, negatif, atau netral. Bila jumlah komentar positif lebihrnbanyak daripada jumlah komentar negatif, maka tempat makan tersebut recommended.rnSebaliknya, bila jumlah komentar positif lebih sedikit daripada jumlah komentar negatif,rnmaka tempat makan tersebut tidak recommended.rnSistem klasifikasi sentimen tempat makan yang telah dibangun dapatrnmengkategorikan komentar suatu tempat makan ke dalam kategori positif, negatif, ataurnnetral. Dan dari komentar tempat makan tersebut, sistem dapat mengambil kesimpulanrnrecommended atau tidak.rnKata Kunci : sentimen, Foursquare, klasifikasi, Naïve Bayes
079 Alw K R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2018
Yogyakarta
x, 54 hlm, ilus; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...