Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI WEB REPARASI JAM MENGGUNAKAN NODE JSrn(STUDI KASUS: ROLEX REPARASI JAM)


Banyak kesulitan yang di hadapi oleh pemilik yang sekaligus menjalankanrnpekerjaannya sebagai tenaga kerja tunggal untuk memperbaiki jam di ROLEXrnReparasi Jam dalam mengelola berbagai keluhan pelanggan, salah satu keluhan yangrnrelatif sering diterima yaitu lamanya proses perbaikan jam rusak ditambah sulitnyarnkomunikasi antara pelanggan dengan pemilik sehingga pelanggan sulit untukrnmemantau progres dari proses perbaikan jam tersebut. Adapun beberapa faktor yangrnmempengaruhi lamanya proses perbaikan ini yaitu banyaknya jumlah pelangganrndengan berbagai masalah kerusakan jam dan terkadang tidak tersedianya spare partrnpada kasus kerusakan tertentu yang pada akhirnya dibutuhkan waktu yang relatifrnlama dalam proses perbaikan jam.rnAplikasi web dengan menggunakan Node js dengan MongoDB sebagairndatabasenya dinilai mampu mempermudah pemilik ROLEX Reparasi Jam dalamrnmengelola keluhan pelanggan yang dihadapi. selain itu, Mongoose dapatrndimanfaatkan sebagai penghubung antara Node Js dengan MongoDB yang dapatrndikembangkan fungsinya dalam pengelolaan data pelanggan yang mencakup namarnpelanggan, jenis jam beserta kerusakannya, estimasi lama perbaikan, serta perkiraanrnbiaya perbaikan. Penggunaan Express js pada aplikasi web ini memungkinkanrnkemudahan dalam pengelolaan model,tampilan, dan kontroler. HTML pada browserrnjuga dapat ditampilkan dengan penggunaan Handlebars js.rnImplementasi dari keberhasilan dalam penggunaan aplikasi web ini dapatrnditunjukkan pada mudahnya penyimpanan data pelanggan setelah dilakukannyarnpengisian form perbaikan. Kemudian, penggunaan kode perbaikan juga memudahkanrnpelanggan dalam memantau progres pengerjaan jam serta memudahkan pemilik yangrnsekaligus admin untuk memastikan data pelanggan dan pengisian laporan progresrnpengerjaan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi mengenairnsejauh mana progres perbaikan jam. Adapun saran dari penulis adalah agarrnditambahkannya interaksi antara admin dengan pelanggan berbasis “chatting” padarnhalaman Cek Perbaikan sehingga informasi yang jelas perihal perbaikan jam dapatrndiperoleh dengan baik oleh admin maupun pelanggan,yang nantinya diharapkan hasilrndari proses perbaikan jam tersebut merupakan hasil yang maksimal. Aplikasi web inirnjuga diharapkan dapat diterapkan dengan baik serta bermanfaat bagi orang lain dirnkemudian hari.rnKata Kunci : aplikasi web, express js, mongodb, mongoose, node j
064 Pra A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2019
Yogyakarta
xii, 33 hlm, ilus; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...