Detail Cantuman Kembali

XML

TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED rnREALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA


Dalam perkembangan teknologi munculah teknologi yang mampurnmemvisualkan suatu benda dalam bentuk 3D, yaitu Teknologi Augmented Realityrn(AR) yang merupakan teknologi yang menggabungkan benda 3D ke dalam sebuahrnlingkungan nyata dalam memvisualkan benda maya tersebut secara real-time.rnMetode pelacakan target yang digunakan oleh Vuforia adalah Marker BasedrnTracking dengan metode pendeteksian dengan mencari titik (interest point) ataurnsudut (corner) pada suatu gambar. Istilah corner dan interest point sering digunakanrnsecara bergantian.rnRigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi, agar kerndepannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut.rnSkeleton terdiri dari tiga bagian yaitu root sebagai awal skeleton, tip sebagai ujungrnskeleton, dan bone sebagai penghubung antara root dan tip. Wayang Golek adalahrnsalah satu kesenian wayang tradisional dari Jawa Barat. berbeda dengan kesenianrnwayang di pulau jawa lainnya yang menggunakan kulit dalam pembuatanrnwayangnya, Wayang Golek merupakan kesenian wayang yang terbuat dari kayu.rnDalam pertunjukan Wayang Golek ini sama seperti pertunjukan wanyang lainnya,rnlakon dan cerita di mainkan oleh seorang dalang.rnPenelitian ini bertujuan untuk menjadikan teknologi Augmented Reality (AR)rnsebagai sarana untuk memvisualkan kesenian tradisional Wayang Golek kedalamrnsmartphone sehingga pengguna bisa mengenali sifat dan prilaku dari karakterrnwayang khususnya tokoh-tokoh Pandawa lima.rnKata kunci : augmented reality, marker based tracking, pandawa lima, skeleton,rnWayang Golek
105 Ust t r.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM Yogyakarta
2017
Yogyakarta
xii, 39 hlm; ilus; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...