Detail Cantuman Kembali

XML

PERANCANGAN UI/UX WEBSITE SINOMAN UNTUK SISTEM LAYANAN BANTUAN PERUMAHAN DENGAN METODE DESIGN THINKING


Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi dalam berbagai
layanan publik, termasuk sektor perumahan bagi masyarakat berpenghasilan
rendah. Permasalahan rumah tidak layak huni dan keterbatasan akses terhadap
bantuan menuntut adanya sistem yang transparan, terstruktur, dan mudah diakses.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan dan
Kawasan Permukiman Jawa III mengembangkan SINOMAN (Sistem Informasi
Antrean Omah Transparan), sebuah platform berbasis website yang bertujuan
untuk mendukung proses pengelolaan antrean dan distribusi bantuan perumahan
secara efisien.
Dalam perancangan ini, mahasiswa bekerja sama dengan Balai Pelaksana
Penyediaan Perumahan dan Kawasan Permukiman Jawa III dalam proses
perancangan dengan menerapkan metode Design Thinking, yang meliputi tahapan
empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahap awal merancang
antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) website SINOMAN,
dengan fokus menciptakan tampilan sederhana, interaktif, dan mudah dipahami.
Proses perancangan meliputi analisis kebutuhan pengguna, pembuatan wireframe
dan prototipe, serta pengujian desain untuk memastikan alur penggunaan sesuai
kebutuhan.
Hasil berupa rancangan UI/UX website SINOMAN yang telah
menghasilkan tampilan halaman login, halaman lupa sandi, dashboard admin
pemerintah, lurah, camat dan dukuh, form antrean bantuan, dan halaman informasi
masyarakat. Desain yang dihasilkan bersifat interaktif dan responsif, yang
mempermudah masyarakat dalam mengecek antrean secara real time,
mempermudah proses pengelolaan, verifikasi dan pemantauan oleh admin
pemerintah. Selain itu, lurah, camat, dan dukuh juga dapat mengelola data bantuan
perumahan tetapi memiliki akses terbatas ke dashboard hanya berperan sebagai
penghubung antara warga dan sistem tanpa kewenangan verifikasi data penerima
bantuan. Implementasi rancangan ini membantu meningkatkan efisiensi kerja
admin pemerintah, lurah, camat dan dukuh dalam mengelola data bantuan
perumahan dan memperkuat transparansi layanan kepada masyarakat. Selain itu,
kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menerapkan metode
perancangan UI/UX pada sistem informasi publik berbasis website.
Kata Kunci: Sistem Informasi, UI/UX, Design Thinking, SINOMAN, Bantuan
Perumahan.
093 TRI P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...