Detail Cantuman Kembali

XML

SKEMA MAGANG PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI TRANSAKSI PADA DIVISI MARKETING KWaS KARYA WAHANA SENTOSA BERBASIS WEB


Divisi Maketing di KWaS Karya Wahana Sentosa memiliki tugas penting
untuk mencatat setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Hingga saat ini,
proses pencatatan dilakukan secara manual atau menggunakan Excel yang rentan
menyebabkan ketidakteraturan data, kehilangan informasi dan kesulitan dalam
melacak riwayat transaksi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang mampu
menyimpan dan mengelola data pembelian dengan cara yang terorganisir dan
efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem
informasi berbasis web untuk pembelian yang dikembangkan dan digunakan oleh
Divisi Marketing KWaS Karya Wahana Sentosa. Adapun database yang akan
dibangun ditujukan untuk menangkap data transaksi pembelian dan informasi
produk serta entitas yang terlibat dalam proses input data. Desain database terdiri
dari mendefinisikan hubungan tabel, strukturnya dan menegakkan integritas data
untuk mendukung input data yang konsisten dan tepat.
Metode pengembangan yang dipilih adalah waterfall, yang terdiri dari
analisis kebutuhan sistem, merancang database, implementasi dan pengujian
sistem. Studi ini menghasilkan sistem berbasis web yang mampu menyimpan dan
menampilkan data pembelian dengan akurat dan secara real-time. Dengan adanya
sistem ini, proses pengelolaan data transaksi menjadi lebih terorganisir,
meminimalisir kesalahan, dan mendukung kelancaran operasional perusahaan.
Kata Kunci: Sistem informasi, Marketing, Manajemen data transaksi, Waterfall.
156 WAH P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...