Detail Cantuman Kembali

XML

PENERAPAN DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN FITUR AFILIASI PADA APLIKASI BARKAS


Aplikasi Barkas merupakan platform digital yang berfokus pada transaksi
jual beli barang bekas. Namun, hingga saat ini, Barkas belum menyediakan fitur
afiliasi yang memungkinkan pengguna mendapatkan komisi dari promosi produk.
Kurangnya fitur ini menjadi permasalahan yang membatasi peluang pengguna
untuk berkontribusi dalam pemasaran sekaligus memperoleh penghasilan
tambahan.
Sebagai solusi, penelitian ini merancang fitur afiliasi menggunakan
pendekatan Design Thinking berbasis kebutuhan pengguna. Proses pengembangan
dimulai dari pengumpulan kebutuhan, penyusunan user flow, hingga pembuatan
high-fidelity prototype menggunakan Figma. Evaluasi dilakukan dengan metode
System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kenyamanan dan kegunaan
desain yang dibuat.
Hasil evaluasi dari 13 responden menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar
76,73, yang mengindikasikan bahwa desain fitur afiliasi memiliki tingkat kegunaan
yang sangat baik dan layak untuk diimplementasikan. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa pendekatan desain berbasis pengguna efektif dalam menghasilkan fitur yang
intuitif dan sesuai kebutuhan.
Kata kunci: Barkas, Fitur Afiliasi, Design Thinking, Figma, System Usability
Scale.
063 GAL P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...