Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMANTASI SISTEM DIGITALISASI ARSIP SURAT MENYURAT DI KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) : STUDI KASUS DITSAMAPTA POLDA DIY


Pegawai Polda DIY mengalami kesulitan dalam melacak perkembangan
surat yang tersimpan dalam arsip, yang seringkali memakan waktu lama. Sistem
pelacakan manual yang digunakan saat ini dinilai kurang optimal dalam
memberikan pelayanan. Selain itu, Polda DIY masih mengandalkan cara manual
dalam membuat dan mengarsipkan surat, yang dianggap kurang efisien dan
berpotensi menyebabkan kehilangan dokumen serta kesulitan dalam pencarian
arsip.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis
web yang dapat membantu dalam melacak alur surat masuk dan keluar, sehingga
dapat menghemat waktu dan mempermudah pemantauan progres pengajuan surat.
Sistem ini dirancang untuk mengelola data surat menyurat, mulai dari pencatatan
dan pengarsipan surat masuk, pembuatan surat keluar, hingga pelaporan surat
masuk dan keluar. Sistem ini dibangun dengan menggunakan tiga komponen
utama, yaitu MariaDB sebagai penyimpanan data, PHP dan Laravel untuk
mengoperasikan aplikasi, serta SQLyog untuk mengelola database MariaDB.
Pengembangan sistem digitalisasi arsip surat menyurat merupakan upaya
untuk mengatasi kendala-kendala yang melekat pada pengelolaan arsip manual di
Polda DIY. Sistem ini dirancang untuk menghasilkan peningkatan dalam efisiensi,
efektivitas, dan akurasi pengelolaan arsip. Selain itu, implementasinya bertujuan
untuk memfasilitasi pelacakan surat secara lebih mudah dan mengurangi potensi
kehilangan dokumen.
Kata Kunci: Digitalisasi arsip Surat Menyurat, Efisiensi, Pelacakan Surat –
Menyurat.
042 NUG I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...