Detail Cantuman Kembali
ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK PADA ULASAN PASAR DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE BIDIRECTIONAL GATED RECURRENT UNIT
Dispertaru DIY tengah mengembangkan Geoportal sebagai pusat data
spasial untuk mendukung berbagai program daerah, termasuk pembuatan
StoryMaps yang berfokus pada pasar-pasar di Yogyakarta. Namun, keterbatasan
informasi dalam StoryMaps, seperti harga barang, ketersediaan komoditas, kuliner,
dan fasilitas pasar, menghambat masyarakat dalam mendapatkan gambaran pasar
secara menyeluruh. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini menggunakan
pendekatan Aspect-Based Sentiment Analysis (ABSA) guna memahami opini
masyarakat terhadap berbagai aspek pasar, termasuk revitalisasi dan tradisi yang
memengaruhi persepsi mereka.
Penelitian ini memanfaatkan model BiGRU untuk menganalisis 9 pasar di
Yogyakarta dengan dataset 9.222 ulasan. Setelah proses prediksi, hasil analisis
menunjukkan bahwa aspek lainnya dan ketersediaan komoditas menjadi sorotan
utama. Ketersediaan komoditas mendapatkan mayoritas ulasan positif,
mencerminkan keberagaman barang dagangan di pasar. Di sisi lain, aspek lainnya
mendominasi sentimen negatif yang menunjukkan bahwa pengalaman pengunjung
di luar aspek utama masih dapat ditingkatkan.
Eksperimen menunjukkan bahwa konfigurasi terbaik diperoleh pada rasio
dataset 70:15:15 dan unit GRU 64 dengan model BiGRU, menghasilkan akurasi
tertinggi sebesar 83.4% dan loss 0.485. Hasil penelitian ini memberikan wawasan
mendalam terkait preferensi masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk
mendukung kebijakan dan strategi pengembangan pasar di Yogyakarta.
Kata kunci : Analisis Sentimen Berbasis Aspek, Bidirectional Gated Recurrent
Unit, Geoportal, Pasar Yogyakarta, StoryMaps.
044 CAH A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...