Detail Cantuman Kembali

XML

PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI MOBILE DOPADU (DATA OLAHAN PERSEKTOR TERPADU) UNTUK PENYAJIAN DATA PUBLIK KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi mobile DOPADU (Data Olahan Persektor Terpadu) untuk menyajikan data publik Kabupaten Gunungkidul secara terpadu. Aplikasi ini dikembangkan untuk mendukung keterbukaan informasi publik, meningkatkan efisiensi pelayanan, serta mempermudah akses data bagi masyarakat umum dan pegawai pemerintah. Pendekatan Design Thinking digunakan dalam penelitian ini, melibatkan lima tahap utama: empathize, define, ideate, prototype, dan test.
Prototipe aplikasi dirancang menggunakan Figma untuk menciptakan antarmuka yang intuitif, responsif, dan ramah pengguna. Fitur utama aplikasi meliputi akses data persektor, layanan pengaduan online yang terintegrasi dengan lapor.go.id, pelacakan menara jaringan, informasi publik, serta berita dan agenda terkini. Pengujian usability dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengevaluasi efektivitas dan kenyamanan aplikasi dari perspektif pengguna. Hasil pengujian menunjukkan skor SUS yang berada pada kategori acceptable.
Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bentuk prototipe aplikasi yang relevan untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Gunungkidul. Aplikasi DOPADU diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan program pemerintah dan menjadi model pengembangan aplikasi serupa di daerah lain.
Kata kunci: Design Thinking, DOPADU, Keterbukaan Informasi Publik, System Usability Scale (SUS), UI/UX.
040 HER P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
Universitas Teknologi Digital Indonesia
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...