Detail Cantuman Kembali

XML

USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) UNTUK ANALISIS TINGKAT USABILITY APLIKASI “DG BY BANKALTIMTARA


Mobile banking merupakan aplikasi yang disediakan oleh bank yang
dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan
transaksi keuangan melalui telepon genggam dengan mudah. Namun, untuk
menilai kemudahan dan kenyamanan penggunaannya, usability dan pengalaman
pengguna perlu dilakukan evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat usability aplikasi "DG
by Bankaltimtara" menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ).
UEQ mengukur enam aspek, yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency,
dependability, stimulation, dan novelty. Responden penelitian ditargetkan
sebanyak 84 responden menggunakan rumus Slovin dan dipilih secara acak
menggunakan metode simple random sampling. Data kuesioner diolah
menggunakan UEQ Data Analysis Tools untuk mendapatkan hasil evaluasi aspek
UEQ dari pengalaman pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi DG by Bankaltimtara
mendapatkan hasil below average pada aspek attractiveness, perspicuity,
efficiency, dependability, dan novelty. Sedangkan aspek stimulation mendapatkan
hasil above average.
Kata Kunci : DG by Bankaltimtara, Mobile Banking, Usability, User Experience
Questionnaire (UEQ), Pengalaman pengguna
026 JER U R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...