Detail Cantuman Kembali
PERANCANGAN ANTARMUKA UI/UX PADA VIZEN CRAFT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (Studi Kasus: Vizen Craft Bantul, Yogyakarta)
Vizen Craft merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan khususnya suvenir yang berdiri dari tahun 2012 di Yogyakarta. Meski sudah berdiri dari tahun 2012 Vizen Craft masih belum memanfaatkan teknologi internet dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini menyebabkan keterbatasan jangkauan pasar, informasi produk, dan efisiensi waktu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada website toko online Vizen Craft menggunakan metode Design Thinking sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.
Penelitian ini melibatkan pendekatan terhadap pemilik Vizen Craft dan 12 pelanggan Vizen Craft. Pendekatan dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan kuesioner yang dimana hasil dari pendekatan ini akan menjadi dasar utama dalam perancangan UI/UX website toko online Vizen Craft. Perancangan ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam mencari dan memilih produk suvenir, serta diharapkan dapat memberikan solusi terbaik terhadap pemilik Vizen Craft dalam mengembangkan bisnisnya.
Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pengujian dilakukan menggunakan metode Usability Testing menggunakan tools Maze. Hasil pengujian rancangan desain website toko online Vizen Craft menghasilkan Skor System Usability Scale (SUS) sebesar 86,875 menunjukkan bahwa perancangan yang dibuat masuk kedalam kategori Acceptable dengan tingkat kepuasan yang tinggi mencapai 83,33 % dalam perhitungan Net Promoter Score (NPS).
Kata Kunci : Design Thinking, Toko Online, Usability Testing, UI/UX, Website
004 FIT P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2025
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...