Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TIKTOK TERHADAP PRODUK FASHION DENGAN METODE NAÏVE BAYES


Penelitian ini membahas analisis sentimen komentar media sosial dari akun Tiktok livehaf menggunakan metode Naive Bayes. Data yang digunakan terdiri dari 1.560 komentar yang terkumpul dalam rentan waktu 1-30 September 2024 dan disimpan dalam format CSV. Proses analisis meliputi pengambilan data, pra-pemrosesan, dan penerapan model klasifikasi naive bayes. Hasilnya menunjukkan sentimen netral mendominasi dengan persentase 72,0%, diikuti sentimen positif 20,5% dan negatif 7,4%. Model naive bayes yang digunakan mampu meraih akurasi 77.73%, yang menunjukkan kinerja yang baik dalam mengelompokkan makna teks. Akan tetapi, ketidakseimbangan data menyebabkan kinerja model pada kategori negatif rendah. Penelitian ini menyarankan penyeimbangan data, penggunaan dataset yang lebih beragam, serta evaluasi tambahan untuk meningkatkan kinerja model.
Kata kunci : Analisis Sentimen, Naive Bayes, TikTok, Livehaf, Media Sosial
148 MUL A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...