Detail Cantuman Kembali

XML

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN MASYARAKAT DESA KUALA GADING MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL


Sistem pelayanan masyarakat yang efisien dan terkomputerisasi sangat
penting untuk meningkatkan kualitas layanan publik di Desa Kuala Gading.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan sistem
administrasi berbasis web yang mencakup pembuatan Akta Kelahiran, Kartu
Keluarga, Surat Pengantar KTP, dan Surat Keterangan Kematian. Selama ini, proses
pelayanan kependudukan di Desa Kuala Gading masih manual, berisiko salah tulis,
dan memakan waktu. Dengan banyaknya masyarakat desa yang telah menggunakan
teknologi smartphone dan berbagai perangkat lainnya, potensi ini dapat
dimanfaatkan untuk memperkenalkan sistem pelayanan yang lebih modern dan
efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat mempercepat dan
menghemat biaya administrasi dibandingkan dengan metode manual. Validasi data
oleh admin desa memastikan akurasi data dalam sistem. Selain itu, fitur pelacakan
memudahkan masyarakat memonitor status permohonan mereka. Implementasi
sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Kuala
Gading serta dapat diaplikasikan di desa lain dengan kebutuhan serupa.
Kata Kunci : Pelayanan Masyarakat, Sistem, PHP, Pemodelan Waterfall, DAD
079 PRA P R.1
NONE
Text Proyek Akhir
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...