Detail Cantuman Kembali

XML

CHATBOT HELPDESK APLIKASI CATAT METER TERPUSAT PLN DENGAN DEEP LEARNING


Aplikasi Catat Meter Terpusat (ACMT) merupakan aplikasi dari PLN pusat
yang digunakan oleh petugas catat meter di lapangan. Aplikasi ini terdiri dari dua
komponen: aplikasi mobile dan backoffice. Jika pengguna ACMT mengalami
kendala, mereka harus mengirimkan email ke helpdesk. Untuk mendapat jawaban,
mereka harus menunggu respons dari helpdesk dan technical support, sehingga
pengguna ACMT tidak segera mendapatkan solusi atas permasalahan yang terjadi.
Chatbot adalah program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan
manusia melalui percakapan teks. Dengan menggunakan kecerdasan buatan dan
algoritma pemrosesan bahasa alami, chatbot memahami pertanyaan atau perintah
yang diberikan oleh pengguna dan memberikan respons. Maka, chatbot bisa
menjadi solusi bagi pengguna ACMT untuk mendapatkan jawaban atas
permasalahan yang dialami.
Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah model chatbot yang dapat
membantu helpdesk dan technical support untuk menjawab pertanyaan sesuai
dengan standar operasional prosedur yang sudah dibuat. Pengumpulan data
didapat dari aplikasi ITSM (IT Service Management) yang kemudian dibuat intents.
Untuk framework machine learning dan deep learning, digunakan TensorFlow.
Proses pelatihan model menggunakan library itertools untuk menentukan jumlah
neuron pada setiap lapisannya. API dibuat menggunakan FastAPI agar mudah
diintegrasikan dengan aplikasi lain. Penelitian ini menggunakan tiga lapisan model
dengan jumlah neuron yang dioptimalkan menggunakan itertools untuk mencapai
ukuran terkecil dan akurasi di atas 80%. Lapisan pertama memiliki 70 neuron,
lapisan kedua memiliki 60 neuron, dan model dilatih selama 90 epoch. Hasil dari
training, didapatkan akurasi sebesar 96% dengan ukuran model 209.3 KB yang
paling optimal. Dari hasil pengujian menggunakan Robot Framework dengan
metode memberikan pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan yg beda dengan data
pelatihan namun mempunyai maksud yang sama, didapatkan akurasi 80%.
Kata Kunci: Chatbot, Catat Meter Terpusat, PLN, Deep Learning, helpdesk,
Service Desk
019 SUP C R.1
NONE
Text Proyek Akhir
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...