Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI ASITEKTUR MICROSERVICE UNTUK SISTEM PEMESANAN CETAK ONLINE (STUDI KASUS ORTINDO DIGITAL PRINT MENGGUNAKAN RESTFUL API)


Percetakan merupakan industri yang berperan penting dalam penyebaran
informasi dalam mempromosikan produk dan jasa. Dengan perkembangan
teknologi, khususnya di era digital kebutuhan akan layanan yang mudah, cepat,
dan efisien semakin penting. Ortindo Digital Print, sebuah perusahaan digital print
menyadari kebutuhan ini dan berinovasi dalam melayani secara efisien. Penelitian
ini mengusulkan implementasi arsitektur Microservice menggunakan RESTful
API untuk inovasi berupa platform pemesanan cetak online yang tidak hanya
mempermudah customer, tetapi juga meningkatkan efisiensi.
Arsitektur Microservice mengimplementasikan beberpa komponen
layanan utama yaitu: Authentication Service, dan Data Service. API Gateway
berfungsi sebagai jembatan bagi semua permintaan dari customer dan
mengarahkan ke layanan yang sesuai dimana setiap layanan terhubung dengan
sebuah database yang menyimpan data-data yang diperlukan dari setiap layanan
Microservice.
Dengan mengimplementasikan arsitektur ini, Ortindo Digital Print dapat
mempermudah dan meningkatkan efisiensi dalam pemesanan bagi customer serta
meningkatkan efisiensi dalam mengelola pemesanan bagi perusahaan. Sistem ini
memungkinkan customer untuk memesan cetak tanpa harus datang langsung ke
percetakan Ortindo serta memungkin bagi Customer Service untuk mengelola
data pemesanan lebih mudah dan efisien.
Kata Kunci : Digital Print, Microservice, RESTful API
128 FAJ I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...