Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH UNTUK PEMBELAJARAN PEMBUATAN GAME INTERAKTIF PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN


Pemrograman adalah keterampilan penting yang semakin diperlukan di era
digital saat ini. Mengajarkan pemrograman kepada anak-anak sejak dini dapat
mengembangkan keterampilan berpikir logis, pemecahan masalah, dan kreativitas
mereka. Scratch, sebagai bahasa pemrograman visual yang dirancang khusus
untuk anak-anak, menawarkan pendekatan yang intuitif dan menyenangkan untuk
belajar pemrograman. Scratch memungkinkan anak-anak untuk membuat proyek
interaktif dengan menyusun blok kode yang mudah dipahami, yang membuatnya
ideal untuk pengenalan konsep-konsep pemrograman dasar.
Pembuatan game adalah salah satu cara yang efektif untuk menarik minat
anak-anak dalam belajar pemrograman. Dengan membuat game, anak-anak tidak
hanya belajar cara menulis kode, tetapi juga mempelajari konsep-konsep seperti
algoritma, logika kondisional, dan struktur kontrol. Media pembelajaran berbasis
Scratch yang mengajarkan pembuatan game dapat memberikan pengalaman yang
praktis dan menyenangkan, serta memungkinkan anak-anak untuk melihat hasil
kerja mereka secara langsung.
Dalam konteks pendidikan anak usia 8-10 tahun, media pembelajaran ini
perlu dirancang dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif dan
motorik mereka. Proyek akhir ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran berbasis Scratch yang dapat memfasilitasi pembelajaran
pemrograman melalui pembuatan game. Proyek ini juga membatasi penelitian
pada anak usia 8-10 tahun, dengan fokus pada konsep dasar pemrograman seperti
algoritma, logika kondisional, dan struktur kontrol, serta pengujian yang
dilakukan dalam lingkungan pembelajaran yang terkontrol.
Kata Kunci: Scratch, pemrograman, anak usia 8-10 tahun, media pembelajaran,
pembuatan game.
010 WAS P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...