Detail Cantuman Kembali
MAGANG MBKM MANDIRI PERANCANGAN UI/UX APLIKASI THE LEARNING FARM MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
Pertanian adalah sector penting dalam perekonomian negara, dimana petani
berperan dalam memproduksi bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat. Namun,
mereka menghadapi berbagai masalah iklim, teknologi yang kurang efektif, dan
kurangnya akses informasi yang akurat. Untuk membantu mengatasi masalah ini,
diperlukan Aplikasi yang bisa membantu petani. The Learning Farm adalah
organisasi yang didirikan pada tahun 2005 untuk memberdayakan pemuda
Indonesia dengan mendidik mereka agar menjadi pengusaha petani yang percaya
diri, ulet dan trampil. Proyek Akhir yang telah diselesaikan bertujuan sebagai solusi
permasalahan yang dialami petani terutama pada generasi muda untuk memenuhi
kebutuhan informasi dalam sector pertanian.
Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi The Learning Farm menggunakan
metode Design Thinking, terdapat lima tahapan, antara lain Emphatize, Define,
Ideate, Prototype, dan Test. Tahapan-tahapan dalam metode Design Thinking selalu
berhubungan dengan pengguna. Mulai dari tahap Emphatize hingga tahap Test,
hampir semua tahapan melibatkan pengguna. Tujuannya adalah menemukan solusi
terbaik dari permasalahan yang dihadapi oleh pengguna.
Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dari tampilan Aplikasi The
Learning Farm, dapat disimpulkan bahwa desain tampilan rancangan sudah sesuai
dengan kebutuhan pengguna.
Kata Kunci: Design Thinking, Pertanian, The Learning Farm.
014 RAM M R.1
NONE
Text Proyek Akhir
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...