Detail Cantuman Kembali

XML

PENGEMBANGAN DESAIN UI APLIKASI COMPLAINZ: MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA DALAM MELAKUKAN LAPORAN DAN ASPIRASI MAHASISWA STUDI KASUS DI PT MARKA KREASI PERSADA


Mahasiswa menghadapi kesulitan dalam menyampaikan laporan dan aspirasi,
yang tidak hanya menjadi masalah itu sendiri, tetapi juga melibatkan lambatnya
tanggapan terhadap laporan yang dapat memperburuk situasi. Harusnya,
permasalahan ini dapat ditangani dengan cepat dan akurat, tanpa mengakibatkan
permasalahan yang seharusnya dapat diatasi dengan baik menjadi masalah yang
lebih besar dan memicu insiden yang tidak diinginkan. Fokus penelitian ini adalah
pada desain aplikasi yang melibatkan beberapa langkah, yaitu perancangan desain
UI aplikasi e-complain, pengujian prototype desain UI, pengukuran kelayakan
prototype dengan menggunakan System Usability Scale (SUS), dan pengukuran
tingkat kesulitan pengguna terhadap desain prototype dengan menggunakan Single
Ease Question (SEQ).
Dari nilai rata-rata SEQ yang dihasilkan melalui pengerjaan tugas dengan
menggunakan aplikasi website Maze, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan nilai
tugas yang diuji adalah 5, yang berarti penggunaan desain aplikasi dianggap mudah.
Sedangkan dari perhitungan nilai rata-rata SUS, diperoleh nilai 64, yang
menempatkan desain aplikasi pada kategori C, menunjukkan bahwa desain aplikasi
sudah cukup siap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Dari hasil pengujian dan
perhitungan SEQ hingga SUS, dapat disimpulkan bahwa pengguna dapat
memahami dan dengan mudah menggunakan aplikasi Complainz yang telah
dirancang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi mahasiswa.
Kata kunci: mobile, prototype, User Interface
116 TAD P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...