Detail Cantuman Kembali

XML

MEMBANGUN DESAIN UI/UX DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS BOOKING LAPANGAN FUTSAL ONLINE)


Olahraga futsal sebagai salah satu aktivitas fisik yang dapat diikuti oleh semua
kalangan usia, tidak hanya meningkatkan kesehatan dan mental, tetapi juga
memberikan kesenangan dan membangun kebersamaan diantara penggemarnya.
Namun, tantangan yang dihadapi adalah proses pemesanan yang masih kurang
efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan solusi yang memudahkan
proses pemesanan tersebut.
Dalam penelitian ini, metode design thinking digunakan untuk merancang
UI/UX aplikasi booking lapangan futsal secara online. Melibatkan wawancara
dengan pemilik usaha lapangan, pengguna lapangan individu, dan tim futsal yang
rutin memesan lapangan, hasil wawancara tersebut menjadi dasar utama dalam
pengambilan keputusan untuk pengembangan aplikasi pemesanan lapangan futsal
secara online.
Hasil dari usability testing menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 78 %.
Rata-rata waktu penyelesaian tugas adalah 77,87%.Meskipun terdapat error rate
8,7% yang menandakan adanya beberapa kesalahan kecil, skor System Usability
Scale (SUS) mencapai 86,75 masuk dalam kategori Acceptable dengan nilai B,
menandakan penilaian adjektif Excellent. Hasil Net Promotor Score (NPS) melalui
Aplikasi Maze menandakan bahwa pengguna merasa puas.
Kata kunci : Booking Lapangan, Design Thinking, Futsal, Net Promoter Score
(NPS), System Usability Scale, Usability Testing
096 PRA M R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...