Detail Cantuman Kembali
IMPLEMENTASI METODE GAME DESIGN DOCUMENT (GDD) UNTUK GAME PEMBELAJARAN BAHASA LONTARA BERBASIS ANDROID
Permainan merupakan kegiatan kompleks yang didalamnya terdapat peraturan,
permainan, dan budaya. Ketegori remaja awal memiliki rasa penasaran dan ketertarikan
yang sangat tinggi terhadap dunia game mobile. Pembelajaran konvensional sering kali
membuat anak kesulitan dan merasa bosan dalam memahami Pelajaran karena
menggunakan buku serta mendengarkan penjelasan guru. Pemberian rangsangan
Pendidikan yang tepat sangat diperlukan untuk memastikan anak tidak mengalami
kecanduan bermain game mobile. Oleh karena itu, penulis bertujuan untuk memberikan
solusi dengan mengimplementasikan game pembelajaran berbasis Android yang dapat
memberikan pengetahuan mengenai Bahasa Lontara Makassar kepada siswa. Media
pembelajaran interaktif ini diharapkan akan memudahkan anak dalam mempelajari,
memahami, dan menguasai Bahasa Lontara Makassar.
Dari permasalahan tersebut, penulis mengembangkan permainan edukasi Bahasa
Lontara Makassar Sederhana untuk siswa Sekolah Menengah Pertama yang baik untuk
tumbuh kembang mereka dan dapat meningkatkan keretampilan berbahasa siswa-siswi.
Penulis menggunakan program aplikasi RPG Maker MV dalam pembuatan game tersebut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi game pembelajaran Bahasa
Lontara Makassar yang membantu pengguna dalam belajar sehingga dapat dijadikan
sebagai media belajar yang lebih mudah dimengerti dan menyenangkan bagi siswa-siswi
Sekolah Menengah Pertama. Game Bahasa Lontara ini terdiri dari alur cerita yang
diangkat dari buku Pappilajarang Basa Mangkasarak. Oleh Dr. Kembong Daeng,
M.Hum. Edisi Terbaru Tahun 2020/jilid 7, quest, dan aksara Lontara Makassar.
Kata Kunci: RPG Maker MV, game, Bahasa Lontara, Media Pembelajaran
082 RAM I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...