Detail Cantuman Kembali
ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG PADA MEDIA SOSIAL X MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR
Pemerintah Indonesia sedang berupaya meningkatkan pelayanan transportasi
dan mendukung pembangunan di kawasan Jakarta-Bandung dengan membangun
kereta cepat. Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibangun atas kerja sama
Indonesia dengan China. Dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, masyarakat
sebagai pengguna kereta cepat memberikan pengalaman dan opini terkait dengan
kereta cepat Jakarta Bandung.
Tahap pada proses penelitin ini yang pertama yaitu crawling data dengan
menggunakan library tweet harvest dengan keyword, preprocessing, yaitu terdiri
dari case folding, tokenizing, normalisasi, stopword dan stemming. Pada penelitian
ini melakukan analisis sentimen terhadap pengguna kereta cepat Jakarta-Bandung
pada media sosial X dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor.
Hasil dari pengklasifikasian menggunakan metode K-Nearest Neighbor terkait
dengan analisis sentimen masyarakat terhadap pengguna kereta cepat Jakarta-
Bandung pada media sosial X. Dengan penggunaan nilai k 1 sampai 10 angka
ganjil, mendapatkan hasil akurasi paling tinggi pada nilai k=3 dengan skema
pembagian 90% data latih dan 10% data uji, atau setara dengan 1.644 data latih dan
183 data uji mendapatkan jumlah akurasi sebesar 93,87%.
Kata Kunci: Kereta Cepat Jakarta-Bandung, K-Nearest Neighbor, Media Sosial X.
038 TRI A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...