Detail Cantuman Kembali
ANALISIS INTERAKSI PENGGUNA PADA APLIKASI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
Di era digital saat ini banyak hal yang dapat lakukan melalui internet, salah satunya media social, telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari seperti berinteraksi melalui sosial media salah satunya adalah melalui aplikasi Instagram. Instagram merupakan Salah satu platform media sosial yang paling popular dikalangan Masyarakat. Karna dengan menggunakan Instagram pengguna dapat mengakses berbagai fitur dari media social tersebut seperti berbagi foto, video, cerita, dan berinteraksi dengan konten dari orang lain. Interaksi pengguna di media sosial ini memiliki dampak signifikan pada pengalaman pengguna dan persepsi tentang platform tersebut. pada interaksi pengguna aplikasi Instagram saat ini kurangnya pemahaman mendalam tentang pengalaman pengguna instagram yang kemungkinan terjadinya kesalahan.
Dalam penelitian ini, metode pengukuran user experience yang digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ). User Experience Questionnaire (UEQ) merupakan salah satu instrumen yang bisa digunakan untuk mengolah data dari survei yang terkait dengan user experience yang mudah untuk dijalankan, dipercaya, berdasar, dan dimanfaatkan untuk melakukan penilaian kualitas yang subjektif. User Experience Questionnaire (UEQ) berisi 6 aspek penilaian yaitu Daya Tarik (Attractiveness), Efisiensi (Efficiency), Kejelasan (Perspicuity), Ketepatan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty).
Kuisioner UEQ dibagikan kepada 102 responden, hasil dari kuesioner UEQ menunjukkan bahwa responden memiliki kesan positif terhadap aplikas sosial media instagram sebagai sarana informasi dan komunikasi dimana hasil survey terdapat nilai evaluation good.
Kata Kunci: User Experience, User Experience Questionnaire (UEQ), Media Sosial Instagram.
023 BEL A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...