Detail Cantuman Kembali

XML

PENERAPAN METODE K-NN UNTUK ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI X DI PLASTORE


Aplikasi media sosial X atau yang dahulunya disebut dengan Twitter
merupakan sosial media yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Google Playstore merupakan salah satu tempat utama bagi pengguna untuk
mengunduh dan mengulas sebuah aplikasi. Melakukan analisis sentimen dengan
menggunakan metode KNN dapat memungkinkan pengembang aplikasi untuk
dapat melihat perasaan pengguna dan mengidentifikasi permasalahan yang ada
pada aplikasi tersebut.
Penelitian ini berfokus pada ulasan pengguna aplikasi X di Playstore untuk
mengetahui presentase tingkat akurasi, presentase negatif, positif dan netral
terhadap media sosial X. Ulasan yang dikumpulkan mulai tanggal 04 November
2023 sampai 15 Januari 2024. Ulasan yang telah diambil kemudian akan melalu
beberapa tahap yaitu preprocessing, labeling, pembobotan dan klasifikasi KNN.
Penelitian ini menggunakan sebanyak 3000 ulasan, setelah dilakukan tahap
preprocessing data menjadi 2.241. Pembagian data untuk klasifikasi menggunakan
2 perbandingan pembagian data 90:10 dan 80:10. Pembagian data 90:10
mendapatkan nilai akurasi sebesar 80,00%, pembagian data 80:20 mendapatkan
nilai akurasi sebesar 80.40%. Dari hasil akurasi perbandingan 2 pembagian data,
hasil akurasi terbaik didapatkan saat menggunakan data latih 80% sebanyak 1792
data dan data uji 20% sebanyak 449 data dengan nilai K=7 yaitu 80,40%.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, KNN, Python
Zuliani, Isni - 205610027 - Personal Name
Sumiyatun, S.Kom., M.Cs - Personal Name
037 ZUL P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...