Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE DENGAN PENDEKATAN GOMS ANALYSIS STUDI KASUS SHOPEE.CO.ID


Penelitian ini untuk menganalisis website jual beli dibutuhkan data dari pengguna.penelitian dilakukan untuk menganalisis pengalaman pengguna dan antarmuka pengguna,maka data yang diperlukan adalah dari pengguna website jual beli. Data penilaian pengalaman pengguna website jual beli diperboleh dengan menggunakan Analisis GOMS. Shopee merupakan sebuah marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli. Proses pembelian di shopee sendiri cukup mudah, Namun sering kali ditemui langkah yang terlalu berbelit dalam pembelian barang. Misalnya saat pengguna melakukan 2 pencarian, hasil yang cocok terdapat pada katalog barang.Ketika diklik, pengguna diarahkan ke halaman katalog yang di bawahnya terdapat daftar barang yang sesuai dengan katalog.Terdapat tombol beli di daftar tersebut, tetapi akan mengarahkan ke halaman informasi barang. Contoh permasalahan yang dituliskan tersebut sederhana tetapi berpotensi membingungkan pengguna. Maslah tersebut termasuk di dalam masalah antarmuka pengguna.Maka dari masalah tersebut tujuan akan dilakukan penelitian mengenai user interface dan user experience yang kemudian akan dihasilkan sebuah protoype. User interface adalah perantara pengguna dengan sistem berupa tampilan grafis, sementara user experience adalah pengalaman dari pengguna dalam menggunakan user interface. dan diuji menggunakan metode GOMS dan Teknik KLM. Dalam penelitian akan digunakan metode GOMS analysis dengan teknik Keystroke Level Model (KLM),tujuan untuk menentukan langkah dalam proses pembelian. GOMS analysis merupakan metode untuk menentukan langkah-langkah yang dilakukan untuk memperoleh suatu tujuan, sementara Keystroke Level Model (KLM) adalah suatu teknik sederhana dari metode GOMS untuk menghitung durasi dari langkah-langkah yang diidentifikasi.Untuk mengetahui hasil perhitungan GOMS dengan Teknik KLM pada saat melakukan pembelian dan menliai UX pada website shopee dengan menggunakan metode GOMS dan Teknik KLM.
Maka hasil penelian Setelah melakukan analisis GOMS terhadap proses membuat akun Shopee, diperoleh hasil waktu sekitar 6,8 detik, Setelah melakukan analisis GOMS terhadap mengelola akun Shopee diperoleh hasil waktu sekitar 4,4 detik,Setelah melakukan analisis GOMS terhadap proses mencari dan membeli produk Shopee diperoleh hasil waktu sekitar 4,6 detik, Setelah melakukan analisis GOMS terhadap proses menghubungi layanan pelanggan Shopee diperoleh hasil waktu sekitar 3,9 detik, Setelah melakukan analisis GOMS terhadap proses memberikan ulasan produk Shopee, diperoleh hasil waktu sekitar 5,2 detik.

Kata Kunci : GOMS, KLM, user experience, user interfce
006 TOM A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...