Detail Cantuman Kembali

XML

PREDIKSI PENJUALAN PRODUK FASHION MENGGUNAKAN REGRESI LINIER SEDERHANA STUDI KASUS PADA MARKETPLACE WASERDASHOP


Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah pola perilaku konsumen
dalam berbelanja, dengan marketplace menjadi salah satu tempat utama untuk
bertransaksi. Namun, banyak penjual menghadapi tantangan dalam
meningkatkan penjualan produk mereka di tengah persaingan yang ketat dengan
kendala salah satunya keterbatasan stok ataupun kelebihan stok barang pada
bulan tertentu. Agar tetap kompetitif dan guna memenuhi kebutuhan konsumen,
perlu memanfaatkan alat dan metode analisis untuk memenuhi kebutuhan
produk pelanggan sehingga stok produk tidak kekurangan atau berlebihan.
Berlatar belakang masalah tersebut penulis akan meneliti tentang bagaimana
cara memprediksi penjualan dimasa mendatang berdasarkan data penjualan yang
sudah terjadi selama satu tahun. Data penjualan secara keseluruhan akan di
analisa sehingga penyediaan stock pada bulan berjalan tidak berlebihan, hal ini
memerlukan cara analitik untuk mendapatkan prediksi yang tepat. Data
penjualan dianalisis menggunakan metode machine learning. Banyak sekali
metode machine learning yang dapat digunakan untuk membantu memprediksi
penjualan di masa depan namun dalam menyelesaikan masalah tersebut penulis
menggunakan machine learning (regresi linier sederhana) dengan variabel tetap
bulan pada tahun dan variabel bebas jumlah permintaan jenis fashion. Dengan
menggunakan machine learning (regresi linier sederhana) ini diharapkan dapat
menyesuaikan stok produk, mengatur kampanye pemasaran, dan
mengoptimalkan penawaran produk, sehingga potensi penjualan dan fluktuasi
pasar lebih efektif.
Kata Kunci: prediksi penjualan, regresi linier sederhana, marketplace,
machine learning
007 MUN P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
LOADING LIST...
LOADING LIST...