Detail Cantuman Kembali
PENGEMBANGAN SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT DI DESA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (Studi Kasus: Desa O’o)
Desa O’o merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Dompu, NTB.
Seiring dengan kemajuan ilmu teknologi di era 4.0 dan informasi yang begitu pesat
menyebabkan perubahan kinerja dalam menyelesaikan masalah, baik dalam
masyarakat maupun dalam instansi pemerintahan. Peningkatan pelayanan publik
adalah salah satu reformasi birokrasi peningkatan pelayanan masyarakat. Kinerja
pemerintahan desa kualitasnya masih di memprihatinkan, kerena penanganan kasus-
kasus pengaduan masih dengan manual.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model
waterfall. Model waterfall adalah model klasik bersifat sistematis dan berurutan dalam
membangun software. Model ini disebut dengan “classic life cycle” atau metode
waterfall, termasuk kedalam rekayasa perangkat lunak dan diperkenalkan oleh
Winston Royce tahun 1970, dan sering disebut kuno tetapi sering digunakan dalam
(SE) software engineering, Disebut dengan metode waterfall karena tahap yang
dilalui harus selesai tahap sebelumnya dan berjalan dengan berurutan.
Dari penelitian ini mendapatkan hasil: Pengembangan sistem pengaduan
masyarakat di desa berbasis web menggunakan metode waterfall studi kasus : Desa
O’o berhasil dikembangkan dengan hasil, masyarakat bisa melakukan pengaduan
secara online tanpa harus datang langsung ke kantor desa dan staff desa bisa meninjau,
memonitoring status/tindaklanjuti pengaduan secara online.
Kata Kunci: Blackbox Testing, Desa O’o, Waterfall, Website, Pengaduan Masyarakat
053 KAH P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...