Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI CUSTOM MODULE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (XP) PADA COFFEE SHOP (STUDI KASUS PT. PCI CONSULTING & SOLUTIONS)


Penelitian ini merespons tantangan bisnis modern dalam mengelola operasional Coffee Shop di era digital. PT. PCI Consulting and Solutions, sebagai penyedia layanan IT, terlibat aktif dalam mendukung proyek-proyek yang membutuhkan sumber daya dan manajemen server cloud, termasuk di sektor Coffee Shop. Dalam konteks bisnis modern, Sistem Enterprise Resource Planning (ERP), khususnya Odoo versi 15.0 dengan modul Point of Sale (POS), menjadi fokus utama penelitian ini.

Hasil pengembangan modul Custom POS Coffee Shop menunjukkan keberhasilan integrasi pada Odoo versi 15, memberikan peningkatan dalam fungsionalitas POS, dalam manajemen add-on items pada produk minuman. Proses instalasi dan konfigurasi modul berjalan lancar, dengan penerapan metode Extreme Programming (XP) dalam perancangan custom module. Uji coba pada local server menghasilkan feedback positif, menegaskan bahwa modul ini terintegrasi dalam sistem Odoo dengan sukses.

Namun demikian, modul ini tidak lepas dari potensi kekurangan. Oleh karena itu, untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan untuk melakukan pengecekan stok pada komponen pembuat produk minuman dan add-on items. Hal ini dapat memberikan informasi aktual kepada kasir dan pelanggan mengenai ketersediaan produk yang dipilih. Penambahan field untuk memasukkan quantity add-on items juga disarankan agar pelanggan dapat menyertakan jumlah pesanan dengan lebih spesifik, memungkinkan pengelolaan stok yang lebih akurat. Terakhir, disarankan untuk melakukan improvisasi pada tampilan pop-up add-on items agar lebih user-friendly. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan modul POS sesuai dengan kebutuhan bisnis coffee shop.

Kata kunci: Coffee Shop, ERP, Odoo, Point of Sale

032 KAM I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2024
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...