Detail Cantuman Kembali

XML

PEMILIHAN MARKETPLACE PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)


Kemajuan teknologi menimbulkan gaya hidup yang serba instan pada
lingkungan mahasiswa, salah satunya yakni adanya e-commerce yang memberikan
layanan bertransaksi jual beli produk secara online. Adanya aplikasi yang beragam
menjadikan konsumen memiliki berbagai pertimbangan dalam memilh
marketplace terbaik yang akan digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan marketplace yang
cocok pada mahasiswa dan kriteria yang paling dipertimbangkan dalam pemilihan
marketplace. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif Analytic
Network Process (ANP) dengan bantuan software super decision serta dengan
perhitungan manual excel. Pengambilan data sampel pada penelitian ini
menggunakan metode kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketplace yang dinilai cocok untuk
digunakan mahasiswa adalah Shopee dengan kriteria yang paling mempengaruhi
pemilihan marketplace adalah harga dari produk yang dipilih. Dengan demikian,
harga suatu produk yang ditawarkan dari suatu marketplace sangat mempengaruhi
keputusan mahasiswa dalam memilih marketplace tersebut.

Kata kunci: Analytic Network Process (ANP), mahasiswa, Marketplace, Software
Super Decision.
087 PUT P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2023
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...