Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS UI/UX TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GRAB DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN METODE USABILITY TESTING


GRAB saat ini merupakan aplikasi yang sudah sangat membantu masyarakat/
konsumen dalam memenuhi kebutuhanya sehari-hari. Akan tetapi, banyak
keluhan mengenai kekurangan aplikasi ini, seperti GPS yang kurang akurat,
alamat yang kurang valid, serta kurangnya tanggapan dari pihak GRAB jika ada
keluhan dari konsumen.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kepuasan pengguna aplikasi
GRAB dengan metode usability. 2) Untuk mengetahui besaran persentase
kepuasan pengguna aplikasi GRAB dalam pemanfaatannya sehingga menjadi
bahan pertimbangan untuk penggunaan selanjutnya. Metodologi yang digunakan
untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah pengujian usability.
Langkah awal yang dipakai adalah pengumpulan data, yakni demi mendapatkan
data yang valid, sehingga hasil dan kesimpulan penelitian pun tidak akan
diragukan kebenarannya. Objek dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi
GRAB dengan menggunakan metode usability.
Hasil uji validitas dengan jumlah responden sebanyak 110 orang menunjukkan
atribut item yang valid dilihat dari perolehan nilai r-tabel adalah 0,187. Hasil uji
reliabilitas yang diperoleh adalah 0,933 dimana menunjukkan reliabel kegunaan
kuisioner. Hasilnya, komponen Kemudahan dengan nilai 4,27 (sangat baik),
komponen Mudah Diingat dengan nilai 4,07 (baik), komponen efisiensi mendapat
nilai 3,94 (baik), komponen Kepuasan mendapat nilai 4,06 (baik), dan komponen
Kesalahan dan Keamanan mendapat nilai 3,64 (baik). Hasil rata-rata nilai
komponen pengujian usability adalah 3, 99 (baik). Terkadang GPS mengalami
error atau tidak akurat dan tidak sesuai titik dan lokasi (belum maksimal) dan
terjadi error pada aplikasi saat saya ingin menggunakan kode voucher atau promo
karena S&K yang berlaku, keduanya memiliki nilai yang paling besar pada
variabel setuju dengan bobot (4) dengan nilai persentasenya sebesar 72,73 dan
49,09. Hal ini berarti, permasalahan dalam penelitian ini sudah sesuai dengan
keadaan sebenarnya.
Kata Kunci : Pengujian usability, aplikasi GRAB, analisis UI/UX
018 KUR A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2022
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...