Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF OLAHRAGA LATIHAN BEBAN (FITNESS)


Muhammad, Y. M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Olahraga
Latihan Beban (fitness). Skripsi. Informatika. Universtitas Teknologi Digital
Indonesia. Pembimbing Adiyuda Prayitna, S.T., M.T.,

Dalam penggunaan alat-alat dan melakukan gerakan-gerakan olahraga
latihan beban (fitness), umumnya orang-orang harus membuka internet kemudian

mengakses youtube atau google untuk melihat cara penggunaan alat-alat, gerakan-
gerakan yang benar dan mengetahui informasi lainnya tentang kesehatan tubuh, hal

ini menjadi merepotkan dan memakan waktu lebih lama, karena mengakses
informasi-informasi dari sumber-sumber yang berbeda. Oleh karena itu akan

dibangun sistem yang mencakup informasi cara penggunaan alat-alat, gerakan-
gerakan olahraga latihan beban yang benar dan informasi lainnya yang

berhubungan dengan kesehatan tubuh dalam satu paket aplikasi yang utuh
mencakup semuanya.
Langkah-langkah perencanaan pengembangan aplikasi media pembelajaran
interaktif olahraga latihan beban (fitness) meliputi analisis masalah dan kebutuhan
serta pembuatan naskah materi, perancangan sistem use case diagram, activity
diagram, flow chart dan desain antarmuka sistem sesuai dengan analisis kebutuhan
tersebut. Berdasarkan hasil analisis masalah dan kebutuhan, media yang digunakan
pengguna (user) perlu dikembangkan menjadi satu paket yang utuh melalui media
pembelajaran interaktif, isi materi yang mencakup pengenalan alat-alat dan
gerakan-gerakan olahraga latihan beban (fitness), serta informasi lainnya mengenai
kesehatan yang berguna bagi tubuh.
Bagi pengguna, aplikasi media pembelajaran ini dapat dipakai secara
mandiri di manapun pengguna tersebut berada, baik di rumah atau tempat gym
melalui smartphone dengan koneksi atau tanpa koneksi internet. Proses instalasi
aplikasi yang mudah seperti pada aplikasi-aplikasi android lainnya, sehingga
pengguna tidak perlu bantuan orang lain dalam proses instalasi aplikasi ini. Bagi
peneliti lain, aplikasi media pembelajaran interaktif olahraga latihan beban (fitness)
ini menggunakan software Articulate Storyline 3 dalam proses pembuatannya, hal
yang perlu dilakukan peneliti lain untuk pengembangan lebih lanjut agar fungsi dari
cetak hasil dapat berjalan pada sistem operasi android dan menambahkan fungsi
database agar data pengguna dapat disimpan dalam aplikasi.

Kata Kunci : Articulate Storyline, Fitness, Media Pembelajara
064 PRA A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2022
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...