Detail Cantuman Kembali

XML

MARKETING INTELLIGENCE DALAM MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN K-MEANS CLUSTERING


Pada era globalisasi seperti saat ini, kebutuhan sarana teknologi informasi untuk
mendukung keberhasilan sebuah organisasi sangatlah besar. Penggunaan
teknologi informasi yang awalnya hanya sebagai sarana untuk mempermudah
kebutuhan administrasi organisasi, saat ini digunakan hampir di semua layanan,
bahkan pada beberapa kegiatan yang sangat kompleks untuk memajukan
organisasi, salah satunya dalam mendukung kegiatan pemasaran dan promosi.
Sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang sedang berkembang, Universitas Jenderal
Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) masih bertumpu pada jumlah mahasiswa,
yang diketahui belum stabil dan cenderung terus menurun. Penelitian ini berfokus
pada Marketing Intelligence mengunakan data mahasiswa baru Unjaya tahun
2014-2018 dengan metode K-Means Clustering dan Confusion Matrix. Hasilnya
dapat disimpulkan bahwa metode K-Means Clustering dan Confusion Matrix
dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan Penerimaan Mahasiswa Baru
(PMB) untuk menentukan klaster-klaster dari mahasiswa baru Unjaya, dan dari
klaster-klaster tersebut kemudian dapat diambil beberapa alternatif yang dapat
digunakan oleh para pemangku kepentingan PMB Unjaya dalam menentukan
target promosi agar target jumlah mahasiswa baru yang direncanakan tercapai.

Kata kunci: Business Intelligence, Marketing Intelligence, Penerimaan
Mahasiswa Baru, K-Means Clustering, Confusion Matrix, Universitas Jenderal
Achmad Yani Yogyakarta, Strategi Promosi
004 Sut M R.1
NONE
Thesis
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2022
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...