Detail Cantuman Kembali

XML

INTELIGEN HARGA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING DAN REGRESI LINEAR (STUDI KASUS TOKO DK NUTRITIONNIDO DI TOKOPEDIA)


Kemampuan untuk menemukan rekomendasi harga yang tepat sangat menentukan
nasib penjualan produk di pasaran. Hal ini diperlukan untuk mencegah tidak
lakunya produk whey concentrate di pasaran dan untuk menghindari pelanggan
yang kabur atau berpindah ke kompetitor lain. Penelitian ini menawarkan solusi BI
untuk masalah penetapan harga produk Whey Concentrate dari toko Dk
Nutritionindo di Tokopedia menggunakan model inteligen harga (Price
Intelligence). K-Means Clustering untuk menentukan harga berbasis kompetitor
terdekat dan regresi linear untuk peramalan tren penjualan. Hasilnya adalah
rekomendasi untuk optimasi harga terbaik. Menggunakan 4 cluster, Harga 145000
masuk dalam cluster-4. Terdapat 7 kompetitor dengan harga lebih murah dan 5
harga lebih mahal. Harga tertinggi Cluster-4 adalah 495000 dan harga terendah
adalah 90000. Hasil clustering diuji menggunakan LibreCalc dan Pyspark yang
berjalan di Kali linux. Hasil peramalan permintaan bulan 26-33 memiliki 2 grafik
naik dan 6 grafik turun. Peramalan memiliki Akurasi 62,5%, Presisi 75%, Recall
60%. MAPE = 28,95% menurut Lewis(1982) kekuatan peramalan dinyatakan layak
(cukup baik). Grafik tren menunjukkan penurunan maka toko disarankan
menurunkan harga dengan Rekomendasi Harga sebesar 135000 sampai 90000.

Kata Kunci: K-Means Clustering, Regresi Linear, Peramalan Permintaan,
Inteligen Harga, Tokopedia.
010 Fau I R.1
NONE
Thesis
Indonesia
UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA (UTDI)
2022
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...