Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN SANDI SEMAPHORE PRAMUKA


Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaktif yang mampu
memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Salah satu
aplikasi atau Software Development Kit (SDK) untuk perangkat mobile yang dapat
digunakan dalam membuat aplikasi AR yaitu Vuforia SDK. Vuforia merupakan AR
editor yang dikembangkan oleh Qualcomm bekerja dengan prinsip mengenali target
gambar (image target/marker) yang dapat menampilkan objek 3D. Image Target
merupakan salah satu teknologi tracking yang menggunakan gambar sebagai
markernya. Proses tracking ini menggunakan tekstur gambar atau penanda objek
dua dimensi yang memiliki suatu pola yang disimpan dalam database sebagai
sumber referensinya dan membandingkan tekstur yang tertangkap oleh kamera
perangkat dengan tekstur yang ada di database marker.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi media
pembelajaran tentang pose sandi semaphore yang memanfaatkan teknologi
Augmented Reality (AR) dengan menggunakan Library Vuforia SDK dan metode
image Target agar informasi dapat di tampilkan secara virtual dengan objek 3D.
Dari hasil pengujian dan pengamatan yang dilakukan pada aplikasi Pengenalan
Sandi Semaphore ini menunjukkan bahwa aplikasi mampu mendeteksi marker
sesuai harapan, dan dapat memunculkan objek 3D sesuai dengan marker yang
discanning.
Berdasarkan hasil dan implementasi yang telah dilakukan pada Aplikasi
Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality sebagai Pengenalan Sandi Semaphore
dengan metode image target berbasis android, dapat disimpulkan bahwa aplikasi
dapat menampilkan pose sandi semaphore dari A sampai Z dengan jumlah total 26
objek 3D berdasarkan masing-masing marker atau image target.Aplikasi dapat
mendeteksi marker pada layar laptop, smartphone, dan kertas dengan catatan
keseluruhan marker tertampil dan tidak ada bagian hilang atau detail pola yang
berubah sehingga membuat aplikasi dapat melakukan scanning. Aplikasi dapat
mendeteksi marker pada warna yang berbeda dengan catatan marker memiliki
kontras serta detail yang baik dan pola gambar yang sama dengan marker yang telah
tersimpan pada database. Aplikasi dapat mendeteksi lebih dari 1 marker dengan
menjajarkan 5 marker sekaligus dalam satu waktu. Tidak disarankan untuk
mendeteksi beberapa marker secara bersamaan, karena semakin banyak marker
yang terdeteksi akan meningkatkan beban komputasi pada devices.
Kata Kunci : Augmented Reality, Image Target, Marker, Media Pembelajaran,
Sandi Semaphore, Vuforia SDK
160 Ram A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
Universitas Teknologi Digital Indonesia
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...