Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI PEMILIHAN BIBIT UNGGUL JAGUNG DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) BERBASIS WEB (STUDI KASUS KELOMPOK TANI DESA PANYILI KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN)


Tanaman jagung merupakan tanaman pangan yang sering digunakan atau dikonsumsi selain padi yang. Khusnya di negara indonesia karena struktur tanah dan cuaca yang cocok untuk ditanami serta tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Hasil produksi jagung di Desa Panyili terbilang masih belum maksimal karena masih kurang mengerti tentang jenis bibit jagung yang cocok untuk meningkatkan hasil panen.
Pemilihan bibit jagung tersebut menjadi permasalahan bagi kelompok tani di Desa Panyili karena banyaknya suatu kriteria atau alternatif yang harus dipertimbangkan seperti suhu, cahaya ataupun jenis – jenis bibit jagung yang banyak karena dapat berpengaruh terhadap hasil panen, oleh karena itu dari permasalahan tersebut sehingga dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat memudahkan kelompok tani di Desa Panyili dalam menentukan bibit jagung yang dapat meningkatkan hasil panen. Dalam Penlitian ini sistem yang dibuat dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat menghasilkan keputusan yang cepat dan akurat dalam pemilihan bibit jagung.
Hasil yang diperoleh dalam sistem ini berupa data bibit jagung dalam bentuk perangkingan dari yang terbaik sampai yang paling rendah sesuai dengan kriteria atau alternatif yang diberikan dengan kemudahan dalam penggunaan sistem.
Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), Desa Panyili, Kelompok Tani, Pemilihan Bibit Jagung, Sistem Pendukung Keputusan
124 Sid I R.1
NONE
Text
Indonesia
STMIK AKAKOM
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...