Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI PROGRESSIVE WEB APPS DENGAN TEKNOLOGI SERVICE WORKER (STUDI KASUS KELUARGA MAHASISWA STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)


Istilah Progressive Web App (PWA) digunakan untuk menjelaskan kemampuan peramban (browser) modern yang dapat mengelola service worker dan web app manifest. Dua hal tersebut yang menjadikan konsep Progressive Web App bisa diterima dan bisa diterapkan layaknya sebuah native apps. Bahkan, sebuah Progressive Web App juga mendukung akses ke perangkat keras sebuah smartphone.
Pada penelitian ini menerapkan teknologi Progressive Web App pada aplikasi Keluarga Mahasiswa STMIK Akakom Yogyakarta yang berbasis website dengan memanfaatkan teknologi Service Worker agar dapat tetap berjalan dengan kondisi jaringan yang buruk bahwa offline sekalipun. Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, JSON.
Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi website Keluarga Mahasiswa yang user frendly dengan tampilan progresif dimana pengguna dapat melihat informasi lembaga, informasi kegiatan, berita, artikel, dan notifikasi kegiatan pada sebuah aplikasi website yang dapat diinstal dengan mudah, berjalan seperti aplikasi native, dan dapat tetap dimuat ketika sedang offline.
Kata kunci : Add to Homescreen, Keluarga Mahasiswa Akakom, Progressive Web Apps (PWA), Push Notification, Service Worker, Web App Manifest.
092 Pur I R.1
NONE
Text
Indonesia
STMIK AKAKOM
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...