Detail Cantuman Kembali
PENGARUH KUALITAS WEBSITE SIPON KEDUTEN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0
Di masa pandemi akibat adanya Covid-19 ini Pemerintah Klaten
menyiapkan pelayanan e-Government pada bidang pencatatan sipil dengan
menghadirkan layanan aplikasi SIPON KEDUTEN. SIPON KEDUTEN berfungsi
sebagai media pengajuan layanan Administrasi Kependudukan secara online.
Aplikasi ini disiapkan untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan kepuasan
bagi masyarakat serta mengantisaipasi masayarakat untuk tidak perlu mengantri
dan menghindari kerumunan terkait layanan publik agar terhindar dari paparan
Covid-19. Untuk itu analisa mengenai kepuasan pengguna terhadap kualitas
website SIPON KEDUTEN perlu dilakukan.
Anlisis dilakukan dengan metode Webqual 4.0. Pengumpulan data
dilakukan melalui kuesioner dengan jumlah responden 100 orang yang merupakan
masyarakat pengguna aplikasi. Pertanyaan-pertanyaan pada kuesioner dibuat
berdasarkan indikator yang dibuat oleh Doll and Torkzadeh; dalam (Zviran,
2005). Kuesioner dilakukan dari tanggal16 Oktober 2020 sampai 16 Januari 2021.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, didahului
dengan pengujian validitas data dari kuesoiner. Dari analisa data, diperoleh
hasilnilai sig. pada kualitas informasi 0,170 lebih besar dari 0,05 dan nilai kulaitas
interaksi 0,087 > 0,05, maka disimpulkan bahwa kualitas informasi dan kualitas
interaksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna website
SIPON KEDUTEN .Selain itu kualitas kegunaan berpengaruh secara positif
terhadap kepuasan pengguna website SIPON KEDUTEN, hal ini dapat dibuktikan
dengan niali sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Kata kunci : Kepuasan Pengguna, Kualitas Kegunaan,Kualitas Informasi, Kualitas
Interaksi, WEBQUAL.
032 Uta P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...