Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PADA SHOPEE DAN TOKOPEDIA BERBASIS MOBILE APPS


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kepuasan
konsumen terhadap sistem informasi e-commerce pada Shopee dan Tokopedia
berbasis mobile apps.
Jenis penelitian ini adalah mixed methods dengan perpaduan model kualitatif
deskriptif dan kuantitatif berupa data kualitatif yang diangkakan. Subjek dalam
penelitian ini adalah konsumen pengguna aplikasi mobile untuk e-Commerce
Shopee dan Tokopedia. Responden yang berjumlah 100 orang dipilih menggunakan
teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket.
Uji kelayakan instrumen angket menggunakan uji validitas Product Momen
Pearson dan uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s Alpha. Uji validitas dan
reliabilitas menggunakan software SPSS. Data Kualitatif dianalisis menggunakan
teknik data reduction, data display dan conclusion verification. Data kuantitatif
dianalisis dengan terlebih dahulu mengkonversikan data kualitatif ke dalam bentuk
kuantitatif, setelah itu dilakukan uji normalitas Shapiro Wilk menggunakan
software SPSS. Kemudian, dilakukan Uji Beda menggunakan Uji Wilcoxon
dikarenakan data tidak terdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 100 responden diketahui
bahwa prosentase Shopee (47%), Tokopedia (12%), Keduanya (31%) dan Tidak
Keduanya (9%), sehingga dapat disimpulkan bahwa Shopee lebih unggul dari
Tokopedia. Secara terpisah, berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan
yang signifikan antara data prosentase kepuasan konsumen terhadap Shopee dan
Tokopedia. Rata-rata kepuasan kosumen untuk Shopee adalah sebesar 82% dari 100
responden, sedangkan rata-rata kepuasan konsumen untuk Tokopedia adalah
sebesar 40% dari 100 responden yang sama.
Kata kunci: e-commerce, perbandingan kepuasan, shopee, tokopedia
022 Sak A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...