Detail Cantuman Kembali

XML

PERBANDINGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE DENGAN METODE EVALUASI HEURISTIK PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS : GOJEK DAN GRAB)


Gojek dan Grab merupakan sebuah terobosan baru dalam perkembangan
teknologi, sebuah Startup yang berhasil mencapai nilai valuasi sebesar lebih dari
10 Milliar USD. Kedua aplikasi ini merupakan sebuah teknologi yang melayani
jasa angkut secara online, tidak hanya jasa angkut tetapi sekarang sudah tersedia
berbagai jenis jasa yang ditawari mulai dari membeli makanan atau barang,
melakukan pembayaran, mengirim paket maupun membeli berbagai jenis obat dan
vitamin. Dengan jumlah pengunduh lebih dari 5 Juta unduhan yaitu Gojek dengan
lebih dari 5 Juta unduhan dan Grab mempunyai lebih dari 10 Juta unuduhan,
membuat pengembang terus memberikan sebuah pengalaman yang terbaik untuk
pengguna aplikasi, baik itu pengalaman menggunakan jasa atau pengalaman
dalam penggunaan aplikasi. Dalam hal pengalaman penggunaan aplikasi terdapat
dua sisi terpenting dari sebuah aplikasi yaitu User Interface dan User Experience
yang berperan penting untuk menarik daya pikat pengguna. Walaupun kedua
aplikasi ini memiliki tujuan yang sama tetapi pengalaman pengguna dalam User
Interface dan User Experience pasti berbeda antar pengguna. Untuk mendapatkan
nilai pengalaman pengguna, penelitian ini menggunakan metode kuesioner
dengan responden yang pernah menggunakan atau sedang menggunakan kedua
aplikasi ini serta jumlah harapan yaitu 10000 Responden melalui media social dan
hasil kuesioner akan dioleh menggunakan dua cara yaitu manual dan aplikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai pengalaman User
Interface dan User Experience dari pengguna aplikasi Gojek dan Grab. Penelitian
ini menggunakan metode yang digunakan adalah Metode Evaluasi Heuristik dan
aplikasi yang digunakan yaitu SPSS versi 25 sebagai program aplikasi yang akan
mengola data penelitian dan terdapat dua pengukuran Uji yaitu Uji Validitas dan
Uji Reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil pengelolaan data
kuesioner User Interface dan User Experience Gojek memiliki nilai yang lebih
baik dibandingkan Grab baik dari pengukuran Uji Validitas dan Uji Reliabilitas
yang membuktikan jumlah unduhan yang lebih banyak tidak mempengaruhi nilai
pengalaman dari pengguna.
Berdasarkan hasil dari penelitian, penelitian ini berupaya memberikan
sebuah manfaat bagi pengguna dalam meningkatkan kepercayaan dalam
menggunakan sebuah aplikasi serta memberikan sebuah pengalaman baru dan
untuk pengembang, yaitu memberikan sebuah informasi dalam meningkatkan
performa dari aplikasi.
Kata Kunci : Kuesioner, Responden, User Interface, User Experience, Gojek,
Grab, Evaluasi Heuristik.
017 Rif P R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...