Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENETAPAN STRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE DI DIGIZONE CLOTHING YOGYAKARTA


Mulai dari tahun 2018 pebisnis online terus meningkat dari sebelumnya 1,6
% menjadi 3,1% dari populasi Indonesia dikutip dari Kominfo. Hal ini dapat
berdampak positif bagi dunia TIK untuk terus meningkatkan kinerja mereka untuk
mengembangkan semua lini yang berada di sistem perputaran bisnis online.
Digizone Clothing adalah salah satu distro hobby yang berada di
Yogyakarta. Setiap transaksi pasti menghasilkan data penjualan. Akan tetapi belum
dapat memaksimalkan permanfaatan data tersebut. Data transaksi penjualan hanya
disimpan tanpa dilakukan analaisis lebih lanjut.Diperlukan suatu sistem untuk
menganalisis data transaksi penjualan dengan menggunakan data mining sebagai
suatu tekhnis analisis data yang dapat membantu distro untuk memperoleh pola pola
penjualan dalam membantu distro tersebut untuk menentukan promo bundling.
Algoritma yang digunakan sebagai proses utama dari analisis database adalah
algoritma apriori dengan menggunakan minimum support, minimum confidence,
frequent itemset dan data transaksi untuk menemukan aturan asosiasi.
Percobaan menggunakan 500 data transaksi dari bukan Januari sampai
Desember tahun 2019.Pengujian menggunakan minimum support 10% dan
minimum confidence 40%. Jika aturan minimum confidence kurang dari 40% maka
aturan tidak memenuhi standard yang diinginkan, dengan itu dapat diterapkan
strategi untuk promo bundling.
Kata kunci : Algoritma Apriori, Data mining, Digizone Clothing, Pola Pembelian
023 Sug I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2021
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...