Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS USABILITY WEB PENJUALAN KONTEN DIGITAL MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDY KASUS : STORE.STEAMPOWERED.COM)


Steam merupakan platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve
Corporation, yang menawarkan layanan permainan video multipemain, manajemen
hak digital, jejaring sosial, dan streaming video. Steam menyediakan fitur instalasi
dan pengikinian otomatis permainan video, fitur komunitas seperti daftar teman dan
group, dan kemampuan chat suara. Pada awalnya Steam hanya tersedia pada sistem
operasi Microsoft Windows, tetapi saat ini sudah ada versi OS X dan Linux, yang
dapat di akses melalui web dan aplikasi steam. Untuk melihat tingkat usability pada
web store.steampowered.com menggunakan 10 indikator yang terdapat di dalam
metode Heuristic Evaluation.
Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkan
data yang disebarkan ke grup Steam indonesia dengan jumlah 22 pernyataan,
dengan 23 responden berusia 15 - 20 tahun, 46 responden berusia 21 - 25 tahun, 22
responden berusia 26 - 30 tahun, 6 responden berusia 31 - 35 tahun, 3 responden
berusia 36 – 40 tahun,
Berdasarkan hasil pengujian usability di web store.steampowered.com
dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation diperoleh nilai 75,35 % yang
dapat dikatakan bahwa web store.steampowered.com sudah dapat membantu
pengguna pada saat menjalankan website tersebut. Nilai tersebut diperoleh dari
menghitung rata – rata dari nilai yang ada pada setiap indikator yang dimiliki oleh
Heuristic Evaluation.
Kata Kunci : Evaluasi, Heuristik, Situs Web, Usabilitas
042 Pra A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM Yogyakarta
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...