Detail Cantuman Kembali

XML

PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB DENGAN SMS GATEWAY DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA SEHAT MANDIRI YOGYAKARTA


Aplikasi SMS telah menjadi lahan yang menjanjikan untuk meraih peluang
bisnis di pasar konsumen maupun industri di dunia. Salah satu bagian yang tidak
dapat dipisahkan dari bisnis SMS ini adalah peranan sebuah SMS Gateway, sebuah
sistem yang digunakan oleh penyedia jasa untuk mengirim maupun menerima SMS
secara otomatis. Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP) Sehat Mandiri merupakan
tempat panti rehabilitasi narkoba yang melayani pelayanan pemeriksaan rehabilitasi
sosial masalah narkoba dengan menggunakan metode Therapeutic
Community,Permasalahan yang ada pada panti sosial pamardi putra adalah tidak
adanya komunikasi antara panti dan pasien sehingga loyalitas pelanggan berkurang,
pasien tidak mengetahui informasi jadwal periksa terbaru, sehingga penerapan
CRM (Customer Relationship Management) sangat perlu untuk membantu
komunikasi.
Alternatif pemecahan masalah selain menerapkan CRM juga membangun
dan mengimplementasikan teknologi SMS Gateway sebagai layanan via SMS
secara online. Dimana pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi
terbaru, Pada penelitian ini menggunakan Gammu sebagai tools penghubung antara
device modem dengan komputer.
Pembuatan program dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP
sebagai interface, MySQL tools pembuat database. Hasil dari konsep implementasi
teknologi SMS Gateway ini adalah pengiriman pesan jadwal kunjungan untuk
pasien, jadwal dokter dan pasien secara personal serta menampilkan informasi
berupa laporan - laporan data pasien.
Kata kunci : CRM,Sms Gateway,Gammu
045 Sub P R.1
NONE
Text
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...