Detail Cantuman Kembali
DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM (STUDI KASUS: UNIT AKREDITASI STMIK AKAKOM)
Setiap perusahaan atau organisasi menggunakan dan menghasilkan
dokumen dalam jumlah yang besar untuk mendukung proses bisnis di dalam
perusahaan tersebut. Peningkatan jumlah dokumen mengharuskan perusahaan
untuk melakukan pengelolaan dokumen secara efektif dan efisien. Dalam
praktiknya, saat ini sebagian besar perusahaan masih melakukan pengelolaan
dokumen secara manual sehingga memunculkan beberapa permasalahan seperti
penumpukan dokumen kertas dan kesulitan mengakses dokumen dengan cepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi dengan konsep
Document Management System untuk menangani permasalahan utama dalam
pengelolaan dokumen di Unit Akreditasi STMIK AKAKOM. Sistem yang
dibangun mengelola dokumen secara digital sehingga lebih mudah untuk
mengumpulkan, menyimpan, dan mengunakan kembali dokumen pada waktu
tertentu. Penelitian ini menerapkan beberapa fitur kunci dari Document
Management System seperti versioning control, rollback, penyimpanan dokumen,
dan pencarian dokumen.
Hasil dari penerapan aplikasi Document Management System
menunjukkan bahwa pengelolaan dokumen secara digital bermanfaat untuk
mengurangi penggunaan dokumen kertas dan akses dokumen yang lebih cepat
dibandingkan dengan pengelolaan dokumen secara manual, dan dapat
diimplementasikan ke dalam aplikasi berbasis web sebagai fasilitas pengelolaan
dokumen di Unit Akreditasi STMIK AKAKOM.
Kata kunci: Document Management System, Dokumen Digital, Pengelolaan
Dokumen
056 Rah D R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM Yogyakarta
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...