Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI PEMBELAJARAN KLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS 4


Perkembangan teknologi saat ini berpengaruh terhadap interaksi manusia dan komputer untuk berbagi informasi, salah satunya dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan alternatif dalam menyampaikan materi. Salah satu materi yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi adalah materi pengklasifikasian hewan berdasarkan jenis makananya pada siswa sekolah dasar kelas 4. Klasifikasi hewan terdiri dari 3 jenis yaitu herbivora, karnivora dan omnivora yang masing-masing jenis mempunyai ciri dan karekteristik yang berbeda ,dengan menggunakan teknologi augmeneted reality diharapkan lebih mudah dalam mempelajari dan memahami jenis hewan berdasarkan jenis makannnya.
Salah satu dari perkembangan teknologi adalah augmented reality yang menggabungkan objek 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam dunia nyata untuk mempermudah dalam memahami informasi yang diberikan. Teknologi ini dapat digunakan sebagai alat peraga dan dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri bagi peserta didik dalam memahami materi, dengan bahasa c# sebagai bahasa pemrograman, vuforia dan unity sebagai media editor untuk membangun augmented reality berbasis android.
Berdasarkan hasil pengujian dan implementasi dapat diambil beberapa simpulan yaitu membantu pengajar dan orang tua dalam mengenalkan hewan berdasarkan jenis makannya, membantu mereview kembali hasil kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan smartphone dan ukuran image target ideal untuk proses pendeteksian dengan ukuran 15 cm dengan jarak antara 10-50 cm objek dapat ditampilkan sedangkan dengan ukuran image target 5 cm dan jarak 10-50 cm objek tidak dapat ditampilkan.
130 Ary A R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...