Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) MENGGUNAKAN ARSITEKTUR REPRESENTATIONAL STATE TRANSFER (REST) PADA PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN ACCESSORIES MOBIL BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : BENGKEL HENS AUTO SHOP)


Bengkel Hens Auto Shop merupakan bengkel yang melayani penjualan accessories mobil. Karena jumlah konsumen yang datang lebih banyak dari jumlah pegawai yang bertugas di bengkel tersbut untuk melayani konsumen maka banyak konsumen yang memilih membeli accessories dengan cara menghubungi bengkel via telpon secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teknologi REST-API yang dapat digunakan oleh konsumen untuk melakukan pembelian accessories di bengkel Hens Auto Shop. Pada penelitian kali ini akan membahas bagaimana mengimplementasikan teknologi REST-API pada aplikasi mobile berbasis Android.
Aplikasi mobile ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan library Retrofit sebagai REST-Client. Penggunaan library Retrofit memudahkan developer karena tidak perlu lagi membuat method-method untuk menggunakan REST Client API dari backend. Library ini menyediakan framework yang powerfull untuk authenticating dan berinteraksi dengan API karena menggunakan request menggunakan OkHTTP.
Hasil dari penelitian ini adalah teknologi REST API membantu dalam proses pengambilan data dari server dan memungkinkan data terbarui secara realtime. Implementasi teknologi REST API pada aplikasi mobile ini dimudahkan dengan adanya library REST Client pada pengembangan aplikasi android.
110 Set I R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...