Detail Cantuman Kembali

XML

SISTEM PENYELEKSIAN KERJA UNTUK SISWA SMK DI KABUPATEN TANGERANG MELALUI CAREER CENTER MENGGUNAKAN METODE SAW BERBASIS WEBSITE


Di kabupaten Tangerang, perkembangan lapangan pekerjaan semakin pesat sehingga banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan bagi siswa yang baru lulus sekolah menengah atas kejuruan. Tetapi perusahaan mengalami kesulitan dalam menyeleksi pelamar kerja karena banyak pertimbangan yang akan menjadi faktor penentu penerimaan pelamar kerja baru.Proses seleksi pelamar kerja berdasarkan kriteria yang di tetapkan oleh perusahaan, pelamar kerja yang telah memenuhi kriteria akan di terima sebagai karyawan pada perusahaan tersebut berdasarkan hasil nilai akhir dan keputusan perusahaan.
Banyaknya lapangan kerja dan pelamar pekerjaan sehingga dibangunlah sistem pendukung keputusan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) yaitu dengan membuat sistem Career Center untuk menyeleksi pelamar kerja. Metode SAW Juga sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Sehingga akan mempermudah penilaian dan membantu proses seleksi pelamar kerja karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan dan akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa yang akan
diterima menjadi karyawan baru di suatu perusahaan. Kriteria yang digunakan untuk menghitung metode Simple Additivie Weighting ini adalah nilai SKHUN, tes tulis, pengalaman, kesehatan, bidang kehalihan, status, tinggi badan, dan usia. Hasil dari sistem pendukung keputusan Career Center menggunakan metode SAW ini adalah hasil penyeleksian karyawan yang telah melamar disuatu perusahaan yang terdaftar disistem Career Center.
Aplikasi web sistem pendukung keputusan ini terdapat tiga user diantaranya adalah admin sebagai pengelola web aplikasi tersebut dan dapat melakukan update data kategori pekerjaan,mengganti password. Dan admin perusahaan dapat melakukan update data perusahaan, dan pelamar dapat melihat hasil rangking lolos atau tidak lolosnya berdasarkan perhitungan metode simple additive weighting. Hasil dari proses sistem ini adalah sebagai penunjang pendukung keputusan untuk pertimbangan dalam layak atau tidaknya karyawan tersebut.
Kata kunci : Career Center, Penyeleksian calon karyawan,, Simple Additive
Weighting, Website.

104 Alf S R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...