Detail Cantuman Kembali

XML

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELLITUS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB


Penyakit Diabetes Mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula didalam darah yang disebabkan oleh berkurangnya produksi insulin atau insulin yang dihasilkan tidak efektif dalam menangani kadar gula didalam darah. Penyakit Diabetes Mellitus di Indonesia sendiri cukup banyak yang mengidapnya, dan kebanyakan dari masyarakat di Indonesia telat mengetahui bahwa dirinya telah mengidap penyakit Diabetes Mellitus. Menurut IDF (International Diabetes Federation) di tahun 2019 pengidap penyakit Diabetes Mellitus diperkirakan mencapai angka 463 juta jiwa diseluruh dunia. Masalah yang ada memicu penerapan sebuah ilmu komputer di dalam bidang kedokteran, salah satu contohnya adalah sistem pakar. Sistem pakar sendiri adalah sebuah ilmu komputer yang dapat bekerja layaknya pakar ataupun dokter dengan cara mengadopsi pengetahuan-pengetahuan dari buku-buku kedokteran dan pakar atau dokter. Aplikasi sistem pakar ini akan mendiagnosa penyakit Diabetes
Mellitus menggunakan metode Certainty Factor melalui gejala yang dirasakan pengguna dan berdasarkan pengetahuan yang ada didalam sistem pakar.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit Diabetes Mellitus menggunakan metode Certainty Factor untuk mengatasi ketidakpastian berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan oleh pengguna. Sistem pakar yang dibuat menggunakan MySQL dan Web Server sebagai tools untuk menyimpan aplikasi, data dan kaidah yang telah dikumpulkan, dan PHP sebagai Bahasa pemrograman.
Kata Kunci : certainty factor, diabetes mellitus, sistem pakar

066 Jaw S R.1
NONE
Text Skripsi
Indonesia
STMIK AKAKOM
2020
Yogyakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...